Valve Umumkan Steam Deck Genggam Pertamanya!

Valve mengumumkan Steam Deck genggam pertamanya! Prosesor akselerasi yang kuat dapat menjalankan mahakarya 3A tanpa hambatan!
Baru-baru ini, Valve akhirnya mengumumkan konsol game pertamanya-Steam Deck! Kabar bahwa Valve bersiap meluncurkan handheld sebenarnya sudah mulai beredar sejak akhir Mei lalu. Saat itu, beberapa netizen menemukan serangkaian kode yang terkait dengan perangkat genggam di klien beta Steam, sehingga berspekulasi bahwa Valve berencana untuk meluncurkan perangkat genggam tersebut. Berita ini dikonfirmasi kemarin, tetapi nama perangkat genggamnya berbeda.


Metode operasi


Steam Deck, yang berukuran 298mm x 117mm x 49mm dan berat sekitar 669g, memiliki dua joystick, satu tombol panah, tombol ABXY, dan dua pemicu. Namun, handheld ini memiliki empat tombol lagi di bagian belakang badan pesawat, di kiri dan kanan. Selain itu, handheld ini juga dilengkapi dengan touchpad di sisi kiri dan kanannya. Posisi tombol-tombol untuk mengontrol handheld dirancang dengan hati-hati dengan mempertimbangkan postur pemain yang memegang handheld, sehingga pemain dapat memiliki pengalaman yang nyaman saat menggunakan handheld.

Selain pengoperasian tombol fisik, Steam Deck juga dapat memungkinkan pemain menyentuh layar. Dilengkapi dengan tampilan layar sentuh 7 inci, memungkinkan pemain untuk langsung menggunakan keyboard virtual di Steam UI untuk mengetik atau menggeser halaman toko. Terakhir, handheld ini juga dilengkapi dengan gyroscope, yang memungkinkan pemain membidik dengan menggerakkan handheld, memungkinkan pemain mendapatkan pengalaman menembak yang lebih halus.


Dengan antarmuka operasi yang sangat baik, diperlukan perangkat keras yang sesuai untuk menangani permainan dan operasi. Valve bekerja sama dengan AMD untuk membuat prosesor akselerasi khusus selain Steam Deck, dan prosesor akselerasi ini dirancang khusus untuk perangkat genggam, yaitu kombinasi kuat dari Zen 2 + RDNA 2.

Zen 2 adalah prosesor dengan empat inti dan delapan utas dan frekuensi maksimum 3,5 GHz, untuk pemrosesan tampilan, ada 8 unit pemrosesan RDNA 2 yang dapat mencapai 1,6 GHz. Ditambah dengan memori LPDDR5 16GB, Steam Deck memiliki performa tangguh yang dapat menjalankan mahakarya 3A terbaru.

Dalam hal ruang penyimpanan, Steam Deck memiliki tiga opsi berbeda, yaitu 64GB eMMC (PCIe Gen2 x1), 256GB NVMe SSD (PCIe Gen3 x4) dan 512GB NVMe SSD (PCIe Gen3 x4) berkecepatan sangat tinggi. Jika dirasa masih kurang, handheld tersebut juga dapat memungkinkan pemain untuk memasukkan kartu microSD untuk semakin menambah ruang penyimpanan pada handheld tersebut. Game apa pun yang disimpan di kartu microSD, bahkan setelah kartu microSD dilepas, dapat dimainkan langsung hanya dengan mencolokkannya lagi, yang cukup nyaman.

Speaker stereo Steam Deck juga sangat bagus, ditambah dengan DSP built-in yang dapat memberikan suara yang jernih dan luas, memungkinkan pemain untuk memiliki pengalaman suara yang imersif. Jika Anda ingin berkomunikasi dengan teman melalui suara, selain menghubungkan headphone, Anda juga dapat langsung menggunakan mikrofon ganda genggam.

Dalam hal daya tahan baterai, Steam Deck memiliki baterai 40Wh. Jika Anda hanya menjalankan beberapa game 2D kecil atau menjelajahi web, itu dapat terus berjalan selama sekitar 8 jam. Jika pemain ingin menghemat daya, mereka juga dapat memanfaatkan fungsi terminasi dan pemulihan cepat SteamOS. Cukup tekan tombol power untuk membuat Steam Deck mengakhiri permainan dan masuk ke mode sleep. Setelah menekan tombol power lagi, Anda dapat membangunkan Steam Deck dan melanjutkan bermain game secara langsung.

Di era jaringan nirkabel ini, Steam Deck secara alami memiliki kemampuan untuk menghubungkan pemain ke Internet, dan mendukung koneksi Wi-Fi 2.4GHz dan 5GHz. Selain itu, perangkat genggam ini juga mendukung teknologi Bluetooth 5.0, memungkinkan pemain untuk terhubung ke remote control, keyboard, dan mouse melalui Bluetooth.

Steam Deck juga memiliki antarmuka IO yang dapat diperluas. Handheld ini memiliki antarmuka USB Type-C multifungsi, yang dapat digunakan untuk mengisi daya, menghubungkan ke perangkat lain, dan bahkan menampilkan layar game ke layar besar. Ini bukan masalah. Antarmuka ini juga dapat dihubungkan ke ekspansi USB Type-C, memungkinkan pemain untuk menyambungkan lebih banyak perangkat. Atau langsung masukkan Steam Deck ke base untuk mendapatkan fungsi yang lebih beragam.


Steam Deck juga memiliki dedicated dock, Anda hanya perlu mencolokkan handheld ke dock untuk menggunakan Steam Deck sebagai komputer. Dock ini dilengkapi dengan 1 USB Tipe A 3.1 dan dua antarmuka Tipe A 2.0, serta kabel jaringan, antarmuka DisplayPort 1.4 dan HDMI 2.0, yang memungkinkan pemain untuk langsung mengubah Steam Deck menjadi daya desktop. Dalam hal catu daya, pangkalan menggunakan kabel USB Type-C untuk menyediakan daya.

Berbicara dapat digunakan sebagai komputer, ini berarti pemain dapat melakukan apa saja di Steam Deck, seperti menginstal perangkat lunak komputer apa pun, menjelajahi web dan menonton siaran langsung, dan bahkan menginstal toko game lain tidak menjadi masalah.


Selain itu, bilah pencarian pada klien telah disederhanakan. Bilah pencarian di Steam Deck disatukan, yang berarti tempat pemain dapat mencari apa saja, baik itu game, teman, perangkat lunak, dll.
bagaimana untuk membeli

Ada tiga versi Steam Deck yang bisa dipilih pemain, yaitu:

     Versi eMMC 64GB, dengan harga $399
     256GB NVMe SSD versi, dengan harga $529
     Versi SSD NVMe 512GB, dengan harga $649


Sumber: Steam Deck

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama